[Latest News][6]

Artikel
Dentistry Ebook
Medical Ebook

PEDOMAN TATA LAKSANA FIBRILASI ATRIUM - PERKI 2014


Fibrilasi atrium merupakan persoalan besar kesehatan jantung di Indonesia saat ini dan akan makin membesar di masa yang akan datang. Gagal jantung dan stroke merupakan komplikasi tersering FA yang dapat mengakibatkan disabilitas berat dan menetap. Walaupun lebih banyak terjadi pada usia tua tetapi proporsi FA yang bermakna terjadi pada usia muda. Oleh karena itu sangat penting adanya pedoman tata laksana FA yang mencakup berbagai tingkat pelayanan kesehatan.
Epidemiologi dan mekanisme FA diuraikan secara singkat. Sedangkan tata laksana FA yang meliputi upaya pengembalian irama sinus, kendali laju dan pencegahan tromboemboli dibahas secara lengkap pada pedoman ini. Yang menarik tata laksana FA dibedakan untuk tingkat layanan kesehatan primer, sekunder dan tersier sesuai dengan kebijakan jaminan kesehatan semesta yang berlaku di Indonesia. Walaupun masih dalam skala kecil, pedoman ini juga menjadi pedoman pertama di bidang jantung yang menyertakan data-data penelitian lokal.
Pedoman tata laksana yang dibuat oleh tim yang berdedikasi tinggi ini merupakan suatu langkah awal bagi tata laksana aritmia secara menyeluruh di masa yang akan datang. Tim penyusun adalah para anggota Perhimpunan Aritmia Indonesia (Indonesian Heart Rhythm Society-InaHRS) yang baru berdiri pada bulan April 2013 lalu di Jakarta. InaHRS merupakan tempat bernaungnya para ahli aritmia Indonesia dalam melaksanakan tugas-tugas keprofesian. Aritmia merupakan suatu keunikan dalam bidang kardiologi karena dianggap sulit dan menantang. Diharapkan melalui kiprah InaHRS, kalangan kardiologi, spesialis lain dan para dokter umum makin akrab dengan aritmia dan makin memahami tata laksana aritmia yang benar.

No comments:

Post a Comment

Start typing and press Enter to search