[Latest News][6]

Artikel
Dentistry Ebook
Medical Ebook

Hati-Hati begadang!

Apakah anda termasuk orang yang suka begadang hingga tidur larut malam? Mulai sekarang anda harus
berhati-hati karena kebiasaan anda dapat menyebabkan kanker hati, obesitas, tekanan darah tinggi dan gangguan fisiologis. Menurut Professor Philippe Froguel dari Imperial London College, kontrol gula darah merupakan salah satu dari banyaknya proses yang diatur oleh jam biologis tubuh pada saat tidur.
Menurut hasil penelitian terhadap 20 ribu pekerja shift malam yang dipublikasi pada majalah Nature Genestics yang diberitakan Daily Mail, gejala diabetes sudah muncul pada saat mengalami gangguan tidur 3x berturut-turut, dan meningkatkan resiko penyakit jantung.
Berikut ini adalah siklus biologis tubuh yang berkaitan dengan hati:

  • Pada jam 9-11 malam => Pembuangan zat-zat yang tak berguna maupun yang bersifat toksin (detoks) di sistem kelenjar getah bening.
  • Pada jam 11 malam hingga 1 dini hari => proses detoks di hati dan harus terjadi pada saat kondisi tidur
  • Pada jam 3 - 5 dini hari => detoks di paru-paru, dan sering terjadi batuk pada durasi waktu tersebut pada penderita batuk karena proses detoks yang terjadi di saluran pernafasan.
  • Pagi hari jam 5-7 detoks pada bagian usus besar, sering disertai buang air besar maupun buang air kecil.
  • Pagi hari jam 7-9 waktu penyerapan makanan di usus kecil, oleh sebab itu sebaiknya selalu makan pada pagi hari.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang dapat mengacaukan proses biologis tubuh untuk membuang zat-zat yang tak berguna. Selain itu, pukul 00.00 hingga oukul 04.00 menurut penelitian merupakan waktu bagi sum-sum tulang belakang untuk memproduksi sel darah merah. Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya anda tidur yang cukup dan kurangi begadang, terutama bila hal tersebut tak bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Start typing and press Enter to search