[Latest News][6]

Artikel
Dentistry Ebook
Medical Ebook

Kebiasaan Buruk Penyebab Insomnia


Mungkin kata insomnia sudah tak asing lagi bagi anda. Mungkin anda mengenal beberapa orang atau bahkan anda sendiri yang mengalami insomnia. Bagi yang belum mengetahuinya, menurut Stedman's medical dictionary, Insomnia adalah suatu kondisi ketidakmampuan untuk tidur, bisa karena faktor eksternal(misalnya keributan, atau cahaya yang terlalu terang) dan psikologis pada waktu dimana biasanya sedang tidur. Menurut rd.com, ada 5 kebiasaan buruk penyebab insomnia:

1. Tidur dengan Jadwal yang Berubah-Ubah
Menurut Michael Breus P.hD menyarankan agar menciptkana kebiasaan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya. Ia menjelaskan bahwa tubuh kita memiliki konsistensi jam biologis. Jadi jika anda sering tidur telat dan bangun lebih siang pada akhir pekan kemungkinan akan mengganggu jam tidur anda pada hati lainnya.

2. Manggunakan Alat Elektronik Sebelum Tidur
Tak semua alat elektronik buruk bagi tidur, tapi kebiasaan seperti chatting di facebook ataupun situs chatting lainnya dapat membuat anda menjadi lebih sulit tidur. Kegiatan interaktif semacam ini membuat otak menjadi lebih aktif dan memicu insomnia.

3. Memperhatikan Jam
Hal paring buruk yang dilakukan orang-orang pada saat susah tidur adalah memerhatikan jam, karena dengan memerhatikan jam kita akan langsung berpikir mengenai berapa lama lagi waktu tidur tersisa untuk bangun pada pagi hari. Hal ini memicu produksi adrenalin dan kortisol sehingga anda pun akan semakin sulit tidur.

4. Merasa Wajib tidur 8 jam Sehari
Mungkin kita sering mendengar bahwa tidur yang baik adalah 8 jam sehari, tapi tak semua orang dewasa membutuhkan itu, ada yang butuh hanya 6-7 jam, ada yang butuh lebih banyak yaitu sekitar 9 jam. Bagaimana cara mengetahui waktu tidur yang sesuai bagi anda? yaitu ketika anda dapat bagun tidur tanpa bantuan alarm dan merasa segar sepanjang hari.

5. Tidak Memiliki Jam Tidur yang Pasti
Setelah mengetahui "jam tidur" anda, ada baiknya anda menyisakan 1 jam sebelum tidur untuk melakukan berbagai hal. Sepertiga yang pertama gunakan untuk merapikan semua kewajiban. Sepertiga jam kedua gunakan untuk membersihkan tubuh sperti gosok gigi. Spertiga jam berikutnya gunakan untuk relaksasi menuju tidur.

No comments:

Post a Comment

Start typing and press Enter to search